• Breaking News

    Ruang Belajar Ilmu Hukum

    Thursday, March 12, 2015

    Perbedaan Moral dan Etika

    Moral dan etika seringkali disebut-sebut dalam menilai sikap tindak serta perilaku dan sifat seseorang. Orang awam mungkin akan menyamakan antara moral dan etika. Tapi perlu untuk diketahui bahwa antara moral dan etika merupakan 2 hal yang berbeda.

    Banyak penjelasan serta pengertian dari kata moral dan etika. Untuk memahami keduanya akan lebih mudah dengan mengetahui pokok persoalan yang dibahas dalam hal berkaitan dengan moral maupun etika.

    Moral berkaitan dengan kewajiban yang dimiliki seseorang atas suatu status yang dimilikinya. Contoh kasus yang berkaitan dengan moral adalah sebagai berikut.

    Di dalam sebuah pesawat, salah seorang penumpang tiba-tiba terjatuh dan terkena epilepsi (kejang/ayan). Penumpang lain di sekitarnya pun panik. Di antara para penumpang tersebut ada satu penumpang bernama A yang berprofesi sebagai seorang dokter. Dia hanya melihat dan tidak melakukan apa-apa. Maka bisa dikatakan A tidak tidak bermoral.

    Sedangkan etika berkaitan dengan baik buruknya tatacara seseorang dalam melakukan suatu tindakan. Untuk lebih jelas, sebagai contoh, seorang polisi menangkap maling, si maling sudah dibekuk tidak berdaya dan tidak melawan, namun polisi tersebut memukulnya dan menembak kakinya. Maka itu adalah perbuatan yang salah dilakukan si polisi, dan dapat dikatakan tidak beretika.

    Contoh lain yang menyangkut keduanya, misalnya, si A makan di warung B, selesai makan, si A tidak membayar, maka si A tidak bermoral. Atau misalnya, setelah makan si A membayar, namun ia melemparkan uangnya kepada pemilik dan pergi begitu saja, maka si A tidak beretika.

    7 comments:

    1. Oh...lebih enak tuh klo pakai contoh...teksnya di jusfity bro biar pengunjung nggak malas baca...biar teksnya rapih...

      ReplyDelete
      Replies
      1. oh iya lupa, makasih sarannya bro, makasih uda berkunjung

        Delete
      2. kan enak bacanya, dan dilihat aja rapih...hehe ya bro....Sarjana Hukum apa ente?

        Delete
      3. iya gan makasih ya, kalo ada saran lagi jgn ragu2 kasitau ya gan.
        ane masih kuliah, itupun d3, jadi isi blog ini ya cuman catatan2 ane, harap maklum kalo banyak kesalahan, dan jangan segan2 buat ngoreksi ya gan

        Delete
    2. blognya sudah clean dan ramah, oh tu yang like facebook melayang di betulkan...

      ReplyDelete
      Replies
      1. oh iya rupanya tadi ngga muncul di firefox, makasi uda diingetin mas

        Delete